Media Kebumen

Mediakebumen.com adalah sebuah blog yang berisi tentang informasi yang bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan warga Kebumen dan sekitarnya.

Legalist.id: Patner Anda dalam Mendirikan PT di Tangerang

Legalist.id melayani jasa pembuatan PT Tangerang dengan proses pengurusan yang mudah dan cepat. Keberadaan layanan jasa pembuatan PT sangat membantu Anda ketika ingin melegalkan usaha yang sedang dijalankan.

Sehingga, dengan menggunakan jasa pendirian PT Tangerang, maka badan usaha yang Anda jalankan telah sah di mata hukum. Dengan begitu, maka status badan usaha akan terlindungi secara hukum. Lantas, apa saja syarat dan prosedur pendiriannya?

Pengertian Perseroan Terbatas


Sebelum melakukan pendirian PT, pastikan Anda mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan PT. PT adalah badan usaha yang telah sah dimata hukum dan didirikan atas dasar perjanjian.

PT memiliki modal yang berasal dari pemilik saham dan setiap pemilik sahamnya mempunyai bagian atas penyelenggaraan operasional PT tersebut. Dalam pendirian PT, harus memenuhi berbagai ketentuan dan persyaratan yang telah diatur dalam undang-undang.
 

Syarat Pendirian PT Berdasarkan UU Cipta Kerja


Legalist.id: Patner Anda dalam Mendirikan PT di Tangerang

Berbicara tentang pendirian badan usaha, tentu tak terlepas dari berbagai syarat yang menyertainya. Syarat mendirikan PT telah diatur dalam UU No. 40/2007 dan UU Cipta Kerja No. 11/2020.

Dalam undang-undang yang mengaturnya, terdapat beberapa syarat yang harus dilengkapi sebelum mendirikan Perseroan Terbatas. Adapun syarat-syarat yang dimaksudkan, yakni:

  • PT bisa didirikan oleh 1 orang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Modal dasar kini bukan lagi menjadi syarat dalam pendirian PT
  • TDP diganti NIB setelah OSS diaktifkan
  • Pendirian PT Perseorangan tidak diwajibkan untuk memiliki Amdal

Syarat Administrasi Pendirian PT


Setelah mengetahui secara umum terkait syarat mendirikan PT, maka terdapat juga syarat administrasi yang harus disiapkan. Terkait berkas-berkas untuk persyaratan pendirian PT ini harus benar-benar dipersiapkan sesuai dengan ketentuan.

Sebab, berkas administrasi akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses pendirian PT. Jadi, sebelum mendirikan badan usaha ini, pastikan Anda menyiapkan berkas-berkas berikut ini:

  • Fotokopi Kartu Keluarga Penanggung Jawab
  • NPWP Penanggung Jawab
  • Fotokopi E-KTP bagi para pemegang saham PT
  • SK domisili pendirian PT (biasanya diterbitkan oleh RT/RW setempat)
  • Foto gedung/bangunan yang nantinya akan dijadikan sebagai Perseroan Terbatas

Prosedur Pendirian PT


Setelah mempersiapkan berbagai syarat-syarat yang dibutuhkan, maka Anda harus mengetahui bagaimana prosedur pendirian PT. Adapun prosedur pendiriannya, yakni sebagai berikut:

1. Persiapkan Nama PT


Pastikan Anda telah menyiapkan nama untuk PT yang akan didirikan. Namun dalam pemberian nama PT tidak boleh asal-asalan dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk menyiapkan nama PT, Anda dapat berkonsultasi dengan tim Legalist.id terkait ketentuan penamaan suatu PT. Hal ini penting dilakukan sebelum mulai melakukan proses pendirian dengan jasa pembuatan PT Tangerang.

2. Tentukan Lokasi PT


Setelah urusan nama selesai, maka prosedur selanjutnya adalah mencantumkan alamat lengkap dari Perseroan Terbatas yang didirikan. Pastikan untuk alamat ini disesuaikan dengan lokasi PT yang sedang berjalan.
 

3. Buat Visi & Misi PT


Selain nama yang tepat dan lokasi strategis, visi dan misi PT juga akan berpengaruh terhadap tujuan pendirian satu PT. Dalam membuat visi dan misi ini, sebaiknya harus disesuaikan dengan KBLI.
 

4. Membuat Akta Notaris


Pada dasarnya, akta pendirian PT sangat dibutuhkan ketika ingin melegalkan badan usaha. Namun, untuk pengurusan masalah akta dan perizinan usaha lainnya, maka bisa menggunakan layanan Legalist.id.

Legalist.id sebagai jasa pendirian PT Tangerang akan membantu Anda untuk mengurusi hal-hal terkait pembuatan PT.

Dengan menggunakan layanan Legalist.id, Anda bisa berkonsultasi seputar masalah pendirian PT, mulai dari persyaratan hingga biaya pembuatan PT. Sehingga proses pendirian PT menjadi lebih terstruktur.
Show Comments

Popular Post